0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Fashion Muslimah, Mencari Duta Hijaber Solo

Solo Beauty Muslimah 2018 (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Sebanyak 101 wanita berparas cantik duduk berjajar di upper ground Solo Paragon Mall, Minggu (17/12). Semuanya berhijab komplit dengan make up yang menambah aura cantik finalis Solo Beauty Muslimah itu. Dengan sabar mereka menunggu giliran unjuk bakat di panggung paling bergengsi bagi hijaber di Solo dan sekitarnya.

“Di tahap audisi ini peserta diharuskan menunjukkan bakatnya masing-masing,” kata founder sekaligus juri Solo Beauty Muslimah, Nadia Izzaty Sukma saat ditemui Timlo.Net di sela rehatnya.

Dengan adanya tahap unjuk bakat ini merupakan bagian penting dari kriteria penilaian. Izzaty Management bersama Junior Chamber Indonesia (JCI) Chapter Solo selaku penyelenggara menginginkan pemenang yang tidak cuma cantik dan cerdas namun juga memiliki kemampuan lebih. Karena itu, peserta bebas memilih dari berbagai jenis kemampuan yang bisa dipamerkan di panggung. Misalnya kemampuan di bidang tarik suara, alat musik, puisi, ceramah, hingga bela diri.

Mencari duta muslimah tentunya bukan hal sepele. Selain berparas ayu, seorang duta harus memiliki tiga kriteria. Cerdas (brain), cantik (beauty), serta memiliki attitude yang sempurna (behaviour). Tiga kriteria itulah yang menjadi dasar dewan juri Fashion Beauty Muslimah.

“Pemenang nantinya akan menjadi icon muslimah. Atau bisa dibilang jadi dutanya hijaber di Solo. Kita harus seleksi bener-bener,” kata pemenang ajang serupa di Jogja itu.

Nadia menambahkan setelah pemenang terpilih, akan ada tindak lanjut dari penyelenggara. Pemenang nantinya akan menghadiri undangan-undangan resmi dari pemerintah maupun swasta sebagai Duta Muslimah Solo.

“Pemenang juga akan mengikuti acara-acara fashion, maupun pelatihan-pelatihan. Jadi ada tanggung jawab yang harus diemban pemenang selama satu tahun,” kata dia.

Sementara itu, salah satu anggota dewan juri, Topan Adrian Tenangsa mengaku terkesan dengan gelaran kontes muslimah di Solo itu. Menurutnya, kriteria penilaian yang ditetapkan penyelenggara sangat komplit sehingga semua kalangan bisa bersaing dengan adil.

“Sangat bagus. Pesertanya beragam mulai dari anak SMA, Mahasiswa, sampai model profesional. Dan peserta juga berkesempatan menunjukkan bakatnya tidak melulu harus pintar berpose saja. Jadi fair,” kata dia.

Terpisah, Vice President JCI, Zain Fuadi mengatakan pihaknya mendukung penuh kontes muslimah yang sudah dua kali digelar di Solo ini. Ke depan, JCI menargetkan Solo Beauty Muslimah bisa ditingkatkan hingga tingkat nasional.

“Acara ini kita arahkan menjadi kontes kecantikan muslimah tingkat nasional,” ungkapnya.

Acara Solo Beaty Muslimah kali ini merupakan gelaran yang kedua kalinya di Solo. Brain, beauty, and behaviour menjadi tiga hal utama yang dikedepankan. Untuk mencapai goal tersebut, serangakain acara digelar mulai dari technical meeting dan pembekalan, kunjungan budaya, pra event parade, photoshoot session, dan grand final sebagai acara puncak dan penutup dari kegiatan ini.

Pendampingan berlanjut setelah event berakhir merupakan hal terpenting untuk mencetak muslimah-muslimah cantik, cerdas, dan juga santun, sesuai dengan visi dari acara SBM ini. Rangkaian acara tersebut dimulai dari tanggal 9 Desember dan akan berakhir dengan grand final pada 24 Desember 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge