0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Raup PBB Hingga Rp 500 Juta dalam Dua Hari Terakhir

Kepala DPPKAD Solo, Yosca Herman Sudrajad (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diraup Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selama acara Gelar Karya Inovasi Pemerintah Kota Solo 2017 tembus Rp 500 Juta. Angka tersebut belum termasuk PBB yang dibayarkan di luar acara.

“Itu (Rp 500 Juta) hanya yang di acara ini lho ya. Kalau ditambah yang dari bank pasti lebih,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Soedrajad, Minggu (17/12).

Berdasarkan laporan penerimaan PBB Pemkot Solo untuk triwulan ketiga, rata-rata setoran PBB harian yang diterima BPPKAD mencapai Rp 218 Juta. Dibanding rata-rata harian, pemasukan yang diraup Pemkot dari acara tersebut memang tak terpaut jauh. Hanya Rp 32 Juta. Namun bila setoran dari luar acara Gelar Karya Inovasi ikut diperhitungkan, penerimaan PBB Pemkot Solo selama dua hari terakhir berpotensi mencapai Rp 1 Miliar.

“Animo warga untuk membayar luar biasa,” kata dia.

Melihat kemauan masyarakat membayar pajak, Pemkot pun akan memperpanjang program pemutihan PBB hingga 29 Desember mendatang. Program itu lebih ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak.

“Jadi bukan untuk peningkatan pendapatan saja. Barangkali ada yang tidak membayar pajak karena keberatan dengan denda, bisa memanfaatkan pemutihan ini. Ke depan membayar pajaknya bisa lebih ringan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge