0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lembaga Penjamin Mutu Unisri Gelar Bimtek

Suasana Bintek (foto: Tyo Eka)

Solo – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Pendidikan Tinggi, di ruang A3.20 lantai III Unisri, Solo, Sabtu (16/12). Diikuti 49 peserta yang terdiri dari Pengurus Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, dengan menghadirkan Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si sebagai narasumber.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa,” jelas Ketua Pelaksana Anggit Grahito S.Pd., M.Pd kepada wartawan.

Ketua pelaksana mengemukakan, Kemenristekdikti Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) dan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dengan tujuan peserta mendapat pengetahuan tentang sistematika penyusunan kurikulum perguruan tinggi dan dapat menerapkan kurikulum tersebut dengan mengacu pada SN Dikti.

Pada kesempatan itu, Rektor Unisri Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto mengemukakan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta selalu mengadakan bimbingan teknik. Apalagi secara rutin kurikulum selalu berubah. Sehingga sepanjang perjalanan perubahan global kurikulum selalu mengikuti walaupun yang ilmu dasar itu sama tetapi yang lain-lain itu berbeda.

Lebih lanjut Kapti mengatakan, untuk pendidikan yang nasional ini selalu ada perubahan kurikulum, untuk itu Unisri selalu berusaha dan mengarahkan pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) supaya seorang lulusan dari beberapa Perguruan Tinggi khususnya Unisri hasilnya sama dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sehingga pengguna tidak ragu-ragu lagi, imbuhnya.

Sementara Prof.Dr. Edy Cahyono, M.Si menekankan bahwa setiap profil lulusan yang ditetapkan harus didukung oleh sejumlah capaian pembelajaran sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge