0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tim SAR Polres Boyolali Asah Kemampuan di Kali Gede

Tim SAR Polres Boyolali melakukan pelatihan di Kali Gede sebagai antsipasi kesiap siagaan bila terjadi bencana alam (foto: Nanin)

Boyolali – Tim SAR Polres Boyolali mengelar latihan tehnik SAR di Kali Gede. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menanggani bencana alam.

Pelatihan kemampuan yang dilakukan Tim SAR Polres Boyolali salah satunya dalam bidang rappelling atau menuruni tebing menggunakan tali. Selain personal, anjing pelacak juga dilibatkan dalam pelatihan ini.

“Ini sebagai langkah antisipasi bencana alam. Kita latih agar nanti anggota siap bila diterjunkan ke lokasi bencana,” kata Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andie, Sabtu (16/12).

Tim SAR Polres Boyolali, imbuhnya, saat ini mempunyai anggota sebanyak 30 personel yang memiliki kualifikasi atau keahlian yang setara dengan Tim SAR lainnya. Selama 24 jam, Tim SAR polisi tersebut siap digerakkan bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kami terus berkoodinasi dengan BPBD, sewaktu-waktu ada bencana, kami siap memback up,” tambahnya.

Sementara terkait dengan pelibatan anjing pelacak dalam pelatihan teknis SAR ini, dijelaskan Wakapolres Boyolali, Kompol Zulfikar Iskandar, anjing pelacak yang dimiliki satuan K9 sudah terlatih dan mempunyai kemampuan untuk mendeteksi korban bencana. Seperti misalnya korban tenggelam atau tertimbun longsor.

“Anjing pelacak cukup terlatih dalam membantu proses evakuasi,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge