0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Siswa SMP Nonton Bareng Wayang Orang Sriwedari

Siswa SMP nonton bareng Wayang Orang Sriwedari (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Kebudayaan Kota Solo menggelar nonton bareng pementasan Wayang Orang Sriwedari, Sabtu (16/12). Pementasan wayang ini menggandeng sejumlah siswa SMP di Kota Bengawan.

“Ada SMP Negeri 7, SMP Negeri 15, SMP Negeri 24, SMP Negeri 25, dan SMP Ksatriyan,” ungkap Kabid Kesenian, Sejarah dan Sastra, Dinas Kebudayaan Solo, Mareta Cahyono.

Mareta mengungkapkan, ini merupakan program pengenalan kembali kesenian daerah kepada siswa SMP. Pengenalan kembali ini dirasa perlu untuk memberikan pengalaman kepada siswa melihat secara langsung pertunjukan serta mengerti bagaimana sebuah pertunjukan kesenian diproduksi.

“Sebenarnya anak-anak kita sudah kenal, melalui pelajaran di sekolah. Tetapi kali ini kita beri mereka pengalaman secara langsung agar mereka bisa merasakan apa yang sudah diajarkan kedalam bentuk empiris,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Timlo.net, ratusan siswa tampak memadati gedung pertunjukan GWO Sriwedari. Mereka tampak berkonsentrasi pada setiap adegan yang disajikan. Sesekali tawa mereka pecah lantaran adegan-adegan yang lucu dan menghibur.

Salah seorang siswa yang ikut menyaksikan, Andrinita, mengungkapkan, ia senang bisa mengikuti kegiatan ini. Dirinya mengaku baru pertama kali menyaksikan pertunjukan di GWO Sriwedari.

“Kalau dulu pernah nonton wayang orang juga, tapi tidak di GWO. Ceritanya bagus, dan menghibur,”  ujarnya.

Pementasan kali ini mengambil lakon nukilan epos Ramayana berjudul Anoman Duta. Anoman Duta mengisahkan perjalanan Anoman dalam mengemban tugas dari Rama Wijaya. Rama Wijaya yang gundah lantaran berpisah dengan Shinta meminta Anoman untuk pergi menjumpai Shinta. Dalam perjalanan itu Anoman menemui beberapa rintangan yang bisa dikalahkan dengan kesaktian kera putih tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge