0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ribuan Umat Islam Sragen Gelar Aksi Damai Kecam Donald Trump

Aksi damai Bela Palestina di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Ribuan massa dari berbagai Ormas Islam mengikuti Aksi Bela Palestina di Air Mancur Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen. Aksi yang digelar usai melaksanakan sholat Jumat tersebut di bawah koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sragen.

Mereka mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas ucapannya yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.  Sejumlah tokoh Ormas Islam satu per satu melakukan orasi. Dalam aksi itu juga dilakukan penggalangan dana yang bakal disumbangkan ke Palestina.

“Kegiatan ini menjadi satu dukungan baik moril maupun spiritual, juga aksi-aksi ini dalam rangka untuk menyatukan umat,” kata Sekretaris MUI Sragen Muh Fadlan, Jumat (15/12).

Dia menyampaikan, walau pun jarak antara Sragen dengan Palestina jauh, namun harus diyakini doa-doa yang dipanjatkan akan terkabul. Pihaknya menghimbau umat Islam agar setiap selesai solat memanjatkan doa, agar orang-orang jahat dan kafir yang merobek Palestina segera mendapat laknat dari Allah SWT.

Fadlan menjelaskan, pihaknya menargetkan, aksi dihadiri oleh 10 ribu massa orang Islam. Namun yang hadir dalam aksi itu hanya sekitar tujuh ribu peserta yang berasal dari berbagai Ormas Islam di Kabupaten Sragen seperti Muhammadiyah, Majelis Tafsir Al Quran (MTA), Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Forum Umat Islam (FUI) Sragen dan Front Pembela Islam (FPI) Sragen. semua ormas itu berada di bawah koordinasi MUI Sragen.

Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno yang hadir dalam Aksi Bela Palestina tersebut ikut memberikan orasi. Dia mengecam pernyataan Donal Trump yang dinilainya bodoh. Pernyataan Trump yang menganggap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel jelas sangat melukai seluruh umat Islam di dunia.

“Tapi justeru karena pernyataan Trump ini, umat Islam di dunia bisa bersatu untuk menentang Amerika,” tandasnya.

Aksi yang sempat diguyur hujan deras itu tidak menyurutkan peserta aksi yang juga diikuti oleh ratusan pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Sragen. mereka tetap semangat kendati bajunya basah kuyup diguyur hujan. Sedangkan hasil penggalangan dana diperoleh sejumlah Rp 63.954.000 yanhg bakal disumbangkan ke saudara-saudara muslim di Palestina.

Aksi damai tersebut mendapat perhatian dari Polres Sragen untuk melakukan pengamanan. Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak  278 personel untuk mengamankan jalannya aksi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge