0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasien RS Dievakuasi, Warga Pesisir Cari Tempat yang Tinggi

Ilustrasi gempa bumi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sejumlah bangunan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas rusak parah terkena dampak gempa yang berpusat di Tasikmalaya. Ruang instalasi radiologi rusak, langit-langit bangunan ambruk.

“Ini yang rusak dari instalasi radiologi. Gedungnya ambruk sama retak-retak. Kebanyakan dinding,” kata petugas informasi RSUD Banyumas, Edi, Sabtu (16/12).

Ruang radiologi berada di lantai dasar bangunan. Selain dinding yang rusak, banyak keramik yang pecah.

Tidak ada korban jiwa. Seluruh pasien telah dievakuasi ke tempat aman.

“Pasien sudah dievakuasi ke yang aman. Masih di area rumah sakit,” tuturnya.

Gempa dengan kekuatan 6,9 skala richter mengguncang wilayah Tasikmalaya, Jumat (15/12) tengah malam. BMKG telah mengeluarkan peringatan tsunami.

Sementara itu, BPBD Tasikmalaya langsung bergerak mengantisipasi naiknya gelombang pasang ke daratan. Warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

“Sampai sekarang belum ada laporan terjadi tsunami di wilayah Tasikmalaya,” kata Pusdalops BPBD Tasikmalaya, Budi, Sabtu (16/12).

Budi meluruskan kabar beredar di media sosial yang menyatakan bahwa tsunami terjadi di kawasan Cipatujah. Menurut dia, sampai saat ini Pukul 01.45 WIB, gelombang laut masih normal. Tidak ada tsunami terjadi.

“Untuk sementara belum ada laporan tsunami anggota kami di Cipatujah, gelombang laut masih normal,” kata dia.

Sekali lagi, Budi mengatakan, warga Cikalong dan Cipatujah telah dievakuasi. Saat ini sudah berada di tempat yang aman dari tsunami.

“Warga sekarang sudah berada di titik aman di daerah yang lebih tinggi,” katanya.

[rnd/cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge