0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Pemkot Solo Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

Kepala DPMTPSP Solo Toto Amanto (paling kiri), Kepala Dispendukcapil Solo Suwarta (paling kanan), bersama Sekda Solo Budi Yulistianto usai penyerahan piagam penghargaan Zeti WBK, Selasa (12/12) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo lagi-lagi menyabet penghargaan tingkat nasional. Setelah menyandang gelar Kota Cerdas (Smart City) Senin (11/12) lalu, kini Pemkot menyandang predikat Zona Integritas Wilayah Integritas Wilayah Bebas Korupsi (Zite WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Penghargaan diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Secara nasional ada 77 unit layanan pemerintah yang mendapat predikat Zite WBK,” kata Kepala Dispendukcapil Solo, Suwarta, saat ditemui di Balaikota, Jumat (15/12).

Menurut Suwarta, predikat Zite WBK diserahkan kepada unit-unit layanan yang lolos seleksi yang berlangsung sekitar satu tahun. Seleksi dilakukan Kemenpan-RB bersama sejumlah lembaga lain seperti Komisi Pemberantasan Koruspsi (KPK), Ombudsman, dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM). Tim penilai juga melakukan survey langsung di tengah masyarakat.

“Ada delapan komponen yang menjadi penilaian. Di antaranya, semua ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berada di unit layanan itu harus sudah melaporkan LHKASN (Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Solo Budi Yulistianto mengaku belum puas meski dua unit di bawah Pemkot Solo sudah mendapat predikat Zeti WBK. Ia akan mendorong DPMTPSP dan Dispendukcapil Solo untuk mengecar predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Akan kita tingkatkan lagi supaya jadi WBBM,” kata dia.

timlo.net/ichsan rosyid

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge