0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Si Tepu Siap Tangani Keluhan Warga Solo

Salah satu pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) memperagakan aplikasi Si Tepu kepada wartawan (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Warga Solo bakal semakin dimanja dengan terobosan yang diluncurkan Pemerintah Kota Solo. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) membesut aplikasi Si Tepu (Sistem Informasi Terpadu ke PU-an) saat acara Gelar Karya Inovasi Pemerintah Kota Solo 2017, Jumat (15/12). Aplikasi tersebut bisa diunduh dari Google Play Store dengan nama Keluhan PUPR Surakarta.

“Siapa pun bisa melapor masalah-masalah infrastruktur di wilayah Solo lewat aplikasi ini,” kata Kepala DPU-PR Solo, Endah Sitaresmi di sela acara.

Penggunaan aplikasi itu pun relatif mudah. Setelah diunduh, pengguna akan disambut layar selamat datang. Di layar berikutnya, pengguna yang sudah memiliki akun dapat langsung memasukkan alamat email dan password untuk login ke aplikasi. Sedangkan pengguna baru bisa mendaftar langsung melalui aplikasi tersebut. Cukup memasukkan alamat email dan password yang diinginkan.

Setelah login, pengguna langsung dihadapkan pada form keluhan. Formulir yang harus diisi pun cukup jelas dan mudah diisi. Ada 13 kategori keluhan yang bisa dipilih mulai dari jalan, bangunan hingga penataan kawasan. Pengguna juga diharuskan mencantumkan lokasi lengkap melalui peta yang tersedia di dalam aplikasi.

“Lokasinya harus jelas supaya bisa langsung ditindaklanjuti,” kata dia.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melacak sejauh mana laporannya ditindaklanjuti Pemkot. Pengguna akan mendapat notifikasi bila keluhan yang disampaikannya sudah diperbaiki.

“Setiap langkah bisa dilihat. Misalnya laporan sudah sampai kepala dinas, atau sudah diperbaiki, setiap tahapan akan dapat notifikasi,” kata dia.

Aplikasi ini tentunya memberi pilihan bagi warga Solo di samping Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) yang sudah ada sebelumnya. Keluhan yang disampaikan melalui aplikasi ini,  kata Sita dapat dipantau langsung oleh Walikota sehingga akan lebih cepat ditindaklanjuti.

“Walikota mendapat akses khusus. Beliau bisa memantau keluhan apa saja yang masuk,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge