0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desa Krajan Tidak Laksanakan Tes Wawancara Perdes, Asal…

Tes Perangkat Desa. (Dok.Timlo.net)

Sukoharjo –– Mulai hari ini, Jumat (15/12) hingga Sabtu (16/12) dilaksanakan tes wawancara calon perangkat desa serentak se Kabupaten Sukoharjo. Namun Desa Krajan, Kecamatan Weru tidak melaksanakan tes wawancara hingga nilai masing-masing calon yang dinyatakan lolos seleksi tertulis diserahkan kepada pemerintah desa.

“Sesuai dengan  Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 72 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa, tercantum bahwa hasil tes tertulis harus disertai nilai masing-masing calon. Kami siap menggelar tes wawancara jika ada nilai tes tertulis setiap calon,” kata Kepala Desa Krajan, Sutejo, Jumat (15/12).

Menurut Sutejo, penyertaan hasil tes tertulis ini untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas proses seleksi perangkat desa. Dan tes wawancara akan dilaksanakan jika hasil tes dari Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) UNS sudah diserahkan ke pemerintah desa.

Hal ini dikarenakan proses seleksi penerimaan perangkat desa mulai tes tertulis hingga wawancara ini merupakan hak dan wewenang pemerintah desa. Dan pemerintah kabupaten sifatnya hanya memfasilitasi dan membantu dengan menggandeng LPPM UNS untuk pelaksanaan tes tertulis.

“Ini kewenangan pemerintah desa bukan bupati, jadi kami menunggu nilai tes tertulis masing-masing calon sebelum melaksanakan tes wawancara. Saya ingin proses seleksi penerimaan perdes transparan dan akuntabel, karena pamong desa masih menjadi pekerjaan yang cukup prestisius di desa,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge