0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masuk Sipol, Kades dan Empat Perdes Dipanggil Panwaslu

Kantor Panwaslu Boyolali ()

Boyolali — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Boyolali, Jumat (15/12), memanggil kepala dess (Kades) dan empat perangkat desa (Perdes). Mereka dipanggil untuk diklarifikasi terkait nama kelimanya yang masuk dalam Sistem Partai Politik (Sipol).

Kelimanya, Kades Samiran Marjuki, Kasi Kesra Samiran Legiyanto, Kasi Pemerintahan Samiran Koesnandar, perangkat Desa Samiran Muhdi dan Kaur Desa Tarubatang, Mardiyono, Kecamatan Selo. Hanya saja, hingga siang hari, hanya Koesnandar yang memenuhi panggilan.

“Kita akan layangkan surat panggilan untuk klarifikasi,” kata  Ketua Panwaslu Boyolali, Taryono.

Sementara terkait klarifikasi yang dilakukan terhadap Koesnandar, Taryono menjelaskan, yang bersangkutan tidak tahu menahu namanya masuk dalam Sipol Partai Garuda. Bahkan, selama ini tidak pernah dihubungi Partai Garuda.

“Kita akan melakukan pendalaman lagi, bila benar yang disampaikan Pak Koesnandar, kita akan segera kirim surat ke KPU, untuk mencoret nama tersebut dari dalam dukungan administrasi Partai Garuda,” ujar Taryono.

Untungnya, Partai Garuda tidak lolos dalam administrasi di Boyolali sebagai peserta Pemilu 2018. Proses klarifikasi ini sangat penting untuk mengetahui nama tersebut asal comot atau memang benar masuk dalam Parpol. Seperti temuan sebelumnya, Panwas menemukan nama PNS, Anggota TNI Polri sebagai dukungan salah satu parpol.

“Pengalaman selama ini, parpol ada yang sengaja mencomot nama hanya untuk memeuhi jumlah syarat minimal,” imbuhnya.

Koesnandar ketika dikonfirmasi langsung mengaku kaget dirinya dikaitkan dengan Partai Garuda. Selama ini, dirinya sama sekali tidak pernah masuk sebagai anggota Parpol. Apalagi, sebagai perangkat desa harus bersikap netral, tidak mendukung dan tidak menjadi anggota Paprol.

“Kaget nama saya bisa masuk, darimana mereka bisa mendapat bukti fotocopy saya,” pungkasnya keheranan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge