0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Olahraga Terlalu Sering Sebabkan Kegemukan?

Olahraga di tempat fitness. (Dok: Timlo.net/ Groupon.com )

Timlo.net—Orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir olahraga setiap hari bisa menolong mereka. Tapi para ahli memperingatkan jika kebiasaan ini bisa berakibat negatif. Olahraga memang bisa mengecilkan perut dan pinggang. Tapi jika Anda berolahraga terlalu sering, dampaknya bagi tubuh bisa menjadi negatif.

Berolahraga terlalu sering bisa menyebakan adrenal fatigue atau kelelahan olahraga. Gejala-gejalanya seperti tubuh nyeri, kepala pusing dan kelelahan yang ekstrim. Jika gejala-gejala ini muncul, dampak negatifnya akan bertambah.

Hormon stres yang disebut kortisol menjadi penyebab dari dampak negatif ini, ujar pelatih pribadi dan spesialis pencegahan luka Liz Letchford, MS, ATC, dilansir dari Reader’s Digest. Mendorong tubuh melampaui batas lewat olahraga berdurasi panjang, berintensitas tinggi bisa mengacaukan hormon itu. Akibatnya tubuh mengalami kelelahan, kinerja menurut dan berat badan bertambah terutama di bagian perut.

Dengan kata lain, olahraga bukan hanya soal memperoleh otot kuat dan menghilangkan lemak, ujar Liz. “Seluruh sistem syaraf pusat Anda diatur oleh sistem hormon yang kompleks. Jika sistem ini kacau, Anda memperoleh masalah serius,” tambah Liz.

Untungnya, mencegah tubuh supaya tidak kelelahan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Liz menyarankan memilih olahraga rutin. Olahraga ini haruslah berdurasi panjang tapi ringan atau berdurasi pendek tapi berat. Sesuaikan jenis olahraga dengan tujuan Anda entah menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran. Hindari berolahraga lebih dari sekali sehari. “Tubuh Anda perlu memulihkan diri dari kerusakan yang terjadi selama olahraga,” terang Liz.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge