0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

148 Napi Lapas Karangasem yang Diungsikan Sudah Dikembalikan Lagi

Pemindahan 148 narapidana ke Lapas Karangasem (merdeka.com)

Timlo.net — Gunung Agung masih berstatus awas, namun 148 narapidana penghuni Lapas Karangasem yang sebelumnya diungsikan ke Lapas Narkotika di Bangli sudah dikembalikan, Kamis (14/12).

Ada beberapa alasan hingga akhirnya 148 narapidana itu dikembalikan ke Lapas asal, di antaranya karena Lapas Karangasem berada di luar KRB II dan III sehingga masih dianggap aman dari dampak erupsi Gunung Agung.

Alasan lainnya, adanya banyak narapidana narkotika titipan yang menyebabkan terjadinya over kapasitas di Lapas Bangli.

“Terpenting, mereka kita kembalikan agar kami bisa lebih epektif melakukan pembinaan kepada warga binaan,” ungkap Kalapas Kelas II B Karangasem Rochkidam.

Dikatakan Rochidam, sejak tiga bulan pemindahan banyak keluhan dan permohonan dari pihak keluarga napi yang akan kesulitan membesuk.

“Ini (LP) jaraknya sekitar 17 kilometer, memang di luar zona. Tetapi mereka diungsikan atas inisiatif kita. Ada juga warga binaan yang resah karena gempa terus menguncang. Agar tidak terlambat dan jangan sampai terjadi apa-apa, makanya kita putuskan mereka untuk diungsikan ke Bangli saat itu,” ungkap Rochidam.

Kata dia, mengenai pengembalian narapidana ke Lapas Karangasem diakuinya sudah mendapatkan persetujuan dari Kanwil Kehakiman dan Pemkab Karangasem, atas surat yang diajukan sebelumnya.

Lanjutnya, khusus untuk narapidana dan tahanan wanita tidak dikembalikan ke Lapas Karangasem. Hanya saja pihaknya tidak menyebut alasannya.

Sementara dari ratusan narapidana tersebut juga nampak anggota Bali Nine, Scoot Rush asal Australia, terpidana seumur hidup kasus Narkoba. Di mana dua rekannya sudah menjalani hukuman eksekusi mati tahun 2016.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge