0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tak Ada Hak Khusus Aparat Buat SIM

Anggota TNI AD mengikuti ujian praktik SIM di Satlantas Polres Karanganyar. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Belasan anggota TNI mengikuti ujian praktik dan teori di Satpas SIM Satlantas Polres Karanganyar, Kamis (14/12). Ujian secara kolektif ini sengaja ditunjukkan ke masyarakat untuk menepis anggapan adanya kemudahan bagi aparat berpangkat memiliki dokumen penting itu.

“Kami ingin menunjukkan bahwa tidak ada jalur khusus bagi siapapun juga. Semua mengikuti prosedur ujian, tanpa memandang dia itu aparat TNI, Polri maupun pejabat. Mereka sama di mata hukum, termasuk pengajuan SIM,” kata Kanit Regident Satlantas Polres Karanganyar Iptu Riedwan Prevost kepada wartawan usai mengawasi ujian SIM belasan anggota TNI itu.

Mereka mengawali proses pengajuan SIM baru dan perpanjangan itu dari mendaftar ke loket. Kemudian ujian praktik di lokasi. Satu persatu meniti jalur melengkung mirip angka delapan sebanyak tiga kali. Kemudian meluncur ke jalur huruf U satu kali. Jika kakinya menginjak tanah, dianggap gugur. Ternyata, semuanya bisa melalui tes itu secara sempurna. Setelah ujian praktik, baru mengikuti ujian teori. Nama-nama mereka pun akhirnya dipanggil untuk foto SIM.

“Kita selaku aparat harus memberikan contoh dulu ke masyarakat. Memohon SIM juga harus mengikuti ujian teori, praktik dan identifikasi. Insya Allah seluruh anggota TNI dan Polri di Karanganyar tertib administrasi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge