0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Persis Solo Adopsi Klub Liga Inggris

Logo Persis Solo ()

Solo — Tugas tim kepelatihan Persis Solo untuk kompetisi Liga 2 musim depan, bakal mengalami perubahan. Yakni dengan adanya tugas ganda yang bakal diemban sang pelatih, dengan mengadopsi manajerial klub-klub di Liga Primer Inggris.

”Liga 2 musim 2018 mendatang, Persis akan menunjuk seorang manajer coach. Jadi selain bertugas menjadi pelatih juga merangkap sebagai manajer. Jabatan manajer coach ini memberi kewenangan lebih kepada pelatih. Jadi untuk urusan tim tidak bisa diintervensi manajemen. Dia bertanggung langsung ke CEO klub,” beber Media Officer (MO) Persis Solo, Budi Cahyono, Kamis (14/12).

Di Liga Inggris, sudah menjadi hal yang lazim bagi seorang juru taktik juga merangkap sebagai manajer. Contoh paling fenomenal adalah Sir Alex Ferguson yang bertahun-tahun memimpin Manchester United. Serta Arsene Wenger yang menjadi manajer handal sekaligua pelatih Arsenal.

Sementara di Indonesia sendiri baru beberapa klub yang mulai memberlakukan sistem tersebut. Di antaranya Sriwijaya FC yang sempat menunjuk Ivan Kolev sebagai manajer sekaligus pelatih mulai pada musim 2011 silam. Persis Solo sendiri juga akan mulai menerapkan sistem itu musim depan.

Manajer coach nanti akan didampingi dua asisten. Yakni asisten pelatih dan asisten manajer. Ketiganya saling bersinergi untuk menyusun program tim. Misalnya dalam hal rekrutmen pemain, manajer coach akan berkoordinasi dengan asisten manajer. Sementara untuk urusan menyusun program latihan, tugas itu dikerjakan bersama asisten pelatih.

Perubahan cukup besar juga terjadi di struktur manajemen. Mulai dari CEO, Direktur, sekretaris jenderal (Sekjen) dan lainnya. Namun, perubahan struktur termasuk pelatih baru akan dikenalkan secara resmi pada 7 Janurai mendatang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge