0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Masuk APBD 2018, Ini Kekhawatiran Terkait Pasar Darurat Klewer

Pasar darurat di Alun-Alun Utara Keraton Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Komisi III DPRD Kota Solo mengkhawatirkan masalah baru terkait pedagang Pasar Klewer yang menggunakan Pasar Darurat di Alun-Alun Utara (Alut) Keraton Solo. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) tidak mengalokasikan anggaran untuk sewa Alut di Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 mendatang.

“Di APBD 2018, sewa anggaran penyewaan Alut tidak masuk,” terang Wakil Komisi III DPRD Kota Solo, Sugeng Riyanto, Kamis (14/12) siang.

Padahal, kata Sugeng, tidak menutup kemungkinan sewa Alut untuk perpanjangan kedepan akan meningkat dari total sewa saat ini yang mencapai Rp 2,5 Miliar. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal itu adalah dengan mendahului anggaran.

“Kalaupun ada solusinya dengan bayar sewa belakangan atau bisa juga mendahului anggaran. Namun tentunya ada kesepakatan dari eksekutif dan legislatif,” katanya.

Sedangkan, kepastian anggaran untuk pembangunan Pasar Klewer sisi timur hingga saat ini belum ada kejelasan. Apalagi, cantolan anggaran yang berasal dari Daftar Isian Penerima Anggaran (DIPA) milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga belum dapat diharapkan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Abdul Gofar Ismail mengatrakan jika sebenarnya sangat dimungkinkan jika Pemkot dapat meminta anggaran dari Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. Akan tetapi, dana CSR harus dilaporkan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). Disinilah nantinya peran legislatif untuk mengawasi penggunaan anggaran.

Disamping itu sebenarnya anggaran dari pusat ataupun anggaran dengan status Tugas Pembantuan (TP) juga harus masuk dalam LKPJ. Artinya legislatif berhak mengawasi turunnya hingga penggunaan anggaran.

“Sehingga semua penggunaan anggaran dan kinerja dari eksekutif ini sebenarnya terpantau dengan baik,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge