0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Bayar PBB? Buruan Bayar Besok Mumpung Ada Pemutihan

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajad (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Kabar gembira bagi pemilik properti di Solo. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membebaskan denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga yang membayar pajaknya Jumat – Sabtu (15-16/12) besok. Pemutihan tersebut dibuka untuk memeriahkan acara Gelar Karya Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pendapi Balaikota Solo yang diselenggarakan di hari yang sama.

“Sebenarnya (pemutihan) sudah kita rencanakan sejak dulu. Cuma mencari momen yang tepat saja,” kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajat, Kamis (14/12).

Prosedur  untuk mendapatkan pemutihan PBB cukup mudah. Pemilik tanah dan bangunan maupun kuasanya cukup membawa Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya, warga cukup membayar pajak tanpa dikenai denda meski menunggak bertahun-tahun.

Ditanya soal jumlah penunggak PBB di Solo, Yosca mengaku tidak tahu pasti. Namun nilai potensi PBB di Solo yang belum terserap mencapai Rp 10-15 Miliar.

“Kira-kira 15 persen lah,” kata dia.

Pemutihan pajak rencananya akan diberlakukan selama dua hari penyelenggaraan even gelar karya. Namun Yosca mengataan pemutihan kemungkinan diperpanjang hingga 29 Desember.

“Ada arahan dari Walikota untuk diperpanjang,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge