0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Adobe Lightroom Gunakan AI Untuk Edit Foto

Fitur auto settings, Adobe Lightroom. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Mengedit foto memerlukan keterampilan, misalnya kemampuan memilih warna/ pola yang benar yang membuat foto lebih menarik. Selain itu editor itu harus bisa memperbaiki cacat dalam foto. Misalnya bagian foto yang terlalu terang, terlalu gelap dan lain-lain.

Akan tetapi Adobe berusaha membuat proses ini lebih mudah. Mereka menggunakan teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Adobe baru-baru ini memperbarui aplikasi Lightroom. Fitur terbaru aplikasi itu adalah AI yang ditenagai oleh Adobe Sensei, jaringan syaraf perusahaan itu.

Hal ini berarti, jika Anda menggunakan “Auto Settings” aplikasi itu, Adobe Lightroom akan menolong membuat foto lebih baik, tulis Ubergizmo. Caranya dengan menganalisa foto dan membandingkan dengan puluhan ribu yang diedit para profesional. Tujuannya untuk menciptakan foto yang indah dan menyenangkan.

Pada dasarnya, aplikasi itu akan menolong mengedit foto berdasarkan pada apa yang dianggapnya pantas. Pengetahuan itu berdasarkan analisa puluhan ribu foto sebagai pembanding. Tentunya, apakah foto yang dihasilkan indah atau tidak, lain ceritanya. Ada banyak hal yang membuat foto terlihat bagus.

Jika Anda memotret dan hasilnya adalah foto dengan komposisi jelek, tidak fokus atau kabur, maka editing tidak akan begitu banyak merubah hasilnya. Tapi jika Anda memotret satu atau dua foto yang bagus, maka fitur “Auto Settings” ini mungkin bisa membuat foto Anda lebih baik. Fitur ini tersedia untuk Adobe Lightroom pada Mac, Windows, iOS, Android dan web.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge