0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gudang Sampah PT AKM Ditutup, Pengelolaan Kembali ke Manual

Alat berat mengeruk sampah di gudang PT AKM (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pembuangan sampah rumah tangga wilayah Colomadu kembali ke cara lama, yakni berhilir ke TPA Sukosari Jumantono. Cara yang seharusnya dihindari ini, terpaksa dipakai lagi karena gudang sampah PT Abisatya Kencana Mulya (AKM) ditutup.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, gudang PT AKM diambil alih supaya pengambilan sampah rumah tangga bis berjalan. Sambil dicari tempat lain untuk menggarap pengolahan sampah, untuk sementara ditempatkan loader dan dump truck di TPS Desa Gawanan lalu diambil dan dibuang ke TPA Sukosari, Jumantono,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (13/12).

Bupati mengakui problem non teknis memaksa gudang sampah PT AKM ditutup. Perizinannya dihambat oleh lingkungan sekitar.

Camat Colomadu, Yophie Eko Jatiwibowo mengatakan sekitar dua ton sampah perhari masuk ke gudang PT AKM saat masih beroperasi. Pascapenutupan, ia terpaksa akan membuka TPS yang sebagian sudah berubah fungsi di Desa Paulan, Klodran, Gawanan dan Tohudan.

“Sudah saya laporkan ke bupati kondisinya. Termasuk opsi membuka kembali TPS di empat desa, dimana sebagian sudah dibangun taman dan fasilitas umum lainnya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge