0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Akui Kegagalan Zero Waste Management

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Uji coba proyek zero waste management di Colomadu gagal dengan penutupan gudang sampah PT Abisatya Kencana Mulya (PT AKM). Bupati Karanganyar Juliyatmono belum bisa memastikan keberlanjutan program itu.

“Gudang PT AKM saya minta ditutup sambil berfikir cara lain,” kata orang nomor satu di Pemkab Karanganyar itu kepada Timlo.net, Selasa (12/12).

Program tersebut seduanya mengolah sampah sampai residunya minimal. Hasil olahan bisa berupa pupuk maupun energi. Sistem itu digadabg-gadang mampu menjadi solusi limbah rumah tangga. Sejauh ini, sampah hanya diambil kemudian ditimbun ke tempat pembuangan akhir (TPA). Awalnya, kerjasama Pemkab dengan PT AKM berjalan mulus sampai terkendala izin lingkungan. Selain itu, mesin pengolahnya juga belum ada.

Meski demikian, program zero waste management bakal dirintis kembali dengan mencari lahan baru minim sengketa. Wilayah rintisan ini selain di Colomadu juga di Gondangrejo dan Jaten. Sedangkan gudang yang terlanjur disewa PT AKM di Dusun Tanon Lor Desa Gedongan bisa dimanfaatkan pelatihan usaha dan UMKM.

“Supaya komplain dari lingkungan enggak berkepanjangan, gudangnya kita ambil alih. Nantinya bisa dipakai home industry oleh ibu-ibu PKK. Salah satunya pembuatan sabun dari kelapa,” kata bupati.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge