0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

14 Desa Akses Air Minum 100 Persen

Penyerahan penghargaan desa akses 100 persen air minum (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 14 desa di Karanganyar mendapat predikat pengakses 100 persen air minum sehat dan pamsimas berkelanjutan 2017. Penyediaan sarana di desa-desa itu bersumber keuangan daerah, pemerintah pusat dan pemberdayaan masyarakat.

“14 desa ini dari 109 desa yang mendapat pendampingan tim Pamsimas. Di Karanganyar, terdapat 177 desa/kelurahan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Edhy Sriyatno di hadapan peserta Sarasehan Membangun Universal Akses 100 Persen Air Minum Dasar di rumah dinas bupati, Rabu (13/12).

Edhy mengatakan penyediaan fasilitas air bersih, air minum, Sipas dan Pamsimas itu bersumber DAK dan DAU. Ia berharap tak ada program yang saling tumoang tindih pendanaan.

Edhy mengatajan gerakan itu bertujan meningkatan pelayanan santasi kualitas air minum sampai 100 persen. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Karanganyar bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lawu dan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dalam menjalankan program ini.

“Saat ini konsumsi Air Minum di Indonesia baru mencapai 60 persen. Maka dari itu kita akan meningkatkannya sampai nanti mencapai 100 persen. Dan dalam program ini Masyarakat juga perlu dilibatkan dan jika masih terdapat kekurangan di daerah masing-masing bisa melaporkannya”, katanya.

Bupati Karanganyar menyampaikan bahwa air minum menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjalankan Program Akses 100 persen Air Minum, Kabupaten Karanganyar bisa menjadi contoh untuk Kabupaten lainnya.

“Nantinya juga akan dicari dan dicek mana daerah-daerah yang belum terakses Air Minum. Dan menghimbau masyarakat untuk mendukung gerakan ini karena air minum bisa merupakan sumber kesehatan maupun sumber penyakit jika kebutuhannya masih kurang,” kata Bupati.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge