0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Disdik Terbitkan SE Penghentian Penggunaan Buku IPS Terbitan Yudhistira

Buku IPS terpadu kelas 6 SD terbitan Yudhistira (timlo.net/heru gembul)

Solo — Pemkot Solo melalui Dinas Pendidikan akan segera menerbitkan surat edaran terkait penghentian penggunaan buku IPS Terpadu untuk kelas 6 SD terbitan Yudhistira. Langkah ini diambil sebagai buntut didapatinya kesalahan pada buku yang pertama kali terbit tahun 2006 tersebut.

“Dalam buku itu kan disebutkan bahwa ibukota negara Israel ada di Yerusalem, padahal yang kita tahu adalah Tel Aviv. Nah karena ada masukan dari beberapa pihak, kami akan segera memberikan arahan untuk tidak menggunakan buku tersebut, sebagai bahan ajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Etty Retnowati, Rabu (13/12).

Etty mengatakan selama ini buku tersebut bukanlah buku utama yang digunakan sebagai panduan mata pelajaran IPS. Melainkan, buku tersebut hanya sebagai pendamping saja. Sehingga tidak ada kewajiban siswa untuk memiliki buku tersebut.

Lebih jauh, Etty mengatakan, buku tersebut disusun berdasarkan kurikulum 2006. Sedangkan banyak SD di Kota Solo telah menggunakan kurikulum KTSP.

“Lebih dari 50 persen SD menggunakan kurikulum KTSP. Jadi buku tersebut tidak sesuai,” kata dia.

Dijelaskan bahwa pemkot telah bersikap tegas dengan melakukan tindakan penarikan dan memerintahkan penghentian penggunaan buku tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge