0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Organda : Libur Akhir Tahun Bisa Dongkrak Penumpang

Ketua Organda Solo, Joko Suprapto (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Periode libur panjang akhir tahun dianggap dapat mendongkrak tingkat keterisian penumpang atau load factor angkutan bus, baik dari maupun menuju Solo. Untuk memaksimalkan pelayanan tersebut, sejumlah perusahaan otobus (P.O) diminta untuk meningkatkan pengecekan kendaraan dan kesehatan terhadap pengemudi.

“Meski tidak seramai saat Lebaran, periode akhir tahun biasanya jumlah penumpang pada angkutan bus juga meningkat. Bahkan kita memprediksi lonjakannya bisa mencapai lima hingga tujuh persen jika dibanding kondisi normal,” ujar Ketua Organda Solo, Joko Suprapto  kepada wartawan, Rabu (13/12).

Lonjakan jumlah penumpang itu, menurutnya karena pada saat periode akhir tahun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman atau mengisi liburan ke luar kota. Karena kondisi tersebut, sehingga bisa dipastikan semua armada angkutan umum, baik bus, kereta api, maskapai dan kapal ikut terkena dampaknya.

“Total armada bus yang ada di Solo ini berjumlah 560 unit. Kalau kondisi normal paling hanya beberapa saja yang jalan, karena memang penumpangnya cenderung sepi. Tapi kalau pas ramai seperti libur akhir tahun seperti ini bisa dipastikan semua armada itu dapat beroperasi,” jelasnya

Oleh karena itu agar dapat memaksimalkan layanan yang diberikan, pihaknya menghimbau agar para anggotanya supaya dapat melakukan persiapan. Baik dari cek fisik kendaraan, maupun cek kesehatan terhadap pengemudi yang bersangkutan.

“Biasanya nanti Dishub dan Kepolisian juga akan melakukan sidak dilapangan. Pengecekan itu penting, karena berkaitan dengan kemanan dan kenyamanan dari penumpang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge