0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Salah Tulis Ibukota Israel, Penerbit Yudhistira Minta Maaf

Salah tulis ibukota Israel (timlo.net/heru gembul)

Solo — Penerbit Yudhistira akan menarik buku ajar IPS Terpadu untuk siswa kelas 6 SD. Hal itu dikarenakan terdapat tabel dalam buku tersebut yang berisi nama negara-negara di dunia beserta ibukotanya. Dalam halaman 56 buku tersebut, menyebutkan bahwa ibukota Israel adalah Yerusalem.

“Saat ini pimpinan pusat sedang melakukan rapat. Kita sudah memberi pertimbangan untuk stop dulu buku ini untuk kita revisi,” terang marketing Yudhistira Solo, Susilo Dwi, saat ditemui di Kantor Cabang Yudhistira Solo, Sumber, Solo, Rabu (13/12).

Dia mengatakan bahwa persebaran buu tersebut tak hanya dikawasan kota Bengawan. Beberapa buku terbitan Yudhistira berskala nasional. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa buku tersebut juga ditemukan didaerah lain.

Susilo mengaku dirinya telah didatangi oleh sejumlah orang dari Laskar Umat Islam Solo (LUIS) sudah mendatangi kantor cabang Yidhistira Solo, Rabu pagi. Dalam pertemuan itu, ia mengungkapkan, ada 2 buku terbitan Yudhistira yang dipermasalahkan, yakni Buku IPS Terpadu kelas 6, dan yang kedua buku Senang Belajar IPS kelas 6.

“Kedua buku mencantumkan Yerusalem sebagai Ibukota Israel,” kata dia.

Ditambahkan sebenarnya penerbit Yudhistira menerapkan standar baku pada penerbitan produknya. Pada tahun-tahun awal, ia menjelaskan tak ada komplain apapun terkait isi buku tersebut. Namun semua berubah saat Presiden AS Donald Trump mengatakan dan mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

“Ada standar untuk editing, layouting sebelum turun ke siswa. Dan buku ini sudah lama beredar ke masyarakat. Buku IPS Terpadu ini sudah sejak 2006 sedangkan Buku Senang Belajar IPS itu sejak 2015,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya pun minta maaf atas kesalahan penyebutan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan ke depan akan stop peredaran serta menarik peredaran buku buku itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge