0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hiu Tertua di Dunia yang Masih Hidup Ini Berusia 512 Tahun

Hiu tertua di dunia. (dok: timlo.net/ dailystar.co.uk )

Timlo.net—Para ilmuwan Denmark menemukan sebuah makhluk hiu kuno dengan panjang 5,4 meter. Hiu itu dipercaya berusia 512 tahun. Jika benar, maka hiu itu adalah vetebrata tertua di dunia. Vetebrata adalah binatang dengan tulang belakang. Hal ini berarti hiu itu lahir pada 1505, saat Raja Henry VIII berusia 14 tahun.

Menurut jurnal Science, hiu-hiu yang hidup di Greenland hanya tumbuh satu cm per tahun. Jadi saat mereka menemukan seekor hiu betina dengan panjang 5,4 meter, mereka tahu jika hiu itu pastilah sangat tua.

Para ilmuwan lalu menggunakan radiocarbon dating untuk menganalisa lensa mata 28 hiu Greenland yang berbeda. Usia hiu tertua ini dikatakan sekitar 392 tahun. Keakuratan radiokarbon hanya mencapai 95 persen. Jadi usia asli hiu itu sekitar 272 hingga 512 tahun.

Jika hal ini benar, hiu itu hidup selama Galileo menemukan jika Bumi mengitari Matahari. Juga saat Amerika Serikat berdiri. Yang menakjubkan, tulis Daily Star, hiu Greenland tidak mencapai kematangan seksual hingga berusia 156 tahun. Usia termuda hiu ini mencapai kematangan seksual adalah 134 tahun. Daging hiu ini dianggap sebagai makanan lezat di Islandia. Tapi dagingnya juga beracun. Ada zat kimia di dalamnya yang jika dagingnya dimakan akan memberikan sensasi serupa saat orang mabuk secara ekstrim.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge