0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terkait Aduan LUIS Soal Buku Pelajaran SD, Ini Tanggapan Disdik

Audiensi LUIS dengan Dinas Pendidikan Kota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo Etty Retnowati berjanji akan segera menyampaikan tuntutan Laskar Umat Islam Solo (LUIS) kepada Kementerian Pendidikan. Tuntutan tersebut terkait temuan kesalahan dalam buku ajar IPS Terpadu untuk siswa SD kelas 6, yang menyebutkan Ibukota Negara Israel adalah Yerusalem.

“Kita akan segera koordinasikan dengan atasan terkait aduan ini,” ungkap Etty, usai audiensi dengan LUIS, di Dinas Pendidikan Solo, Rabu (13/12).

Etty mengatakan, ada dua buku yang ditemukan kesalahan yang sama. Satu buku merupakan buku ajar elektronik (BSE) dan satu lagi buku terbitan Yudhistira tahun 2006.

“Kita sudah bertemu dan mendengar masukan dari teman-teman elemen Islam. Seperti yang kita tahu, bahwa Ibukota Israel ya di Tel Aviv, jadi ini informasi yang ada dalam buku ini keliru,” katanya.

Seperti diberitakan, LUIS mendatangi Dinas Pendidikan Solo guna mengklarifikasi penggunaan buku terbitan Yudhistira tersebut. Dalam buku ini dijelaskan tentang negara-negara di dunia beserta ibukotanya. Dalam halaman 56 terdapat tabel yang menyebutkan bahwa ibukota Negara Israel adalah Yerusalem, dan ibukota negara Palestina dikosongi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge