0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pria Lebih Lemah Dari Wanita Saat Lawan Virus Pernafasan?

Pria terkena flu. (dok: timlo.net/ sheknows.com)

Timlo.net—Di dunia barat terhadap istilah “man flu”. Istilah ini menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat. “Man flu” berarti jika saat pria terkena flu, gejala-gejala mereka lebih parah dari yang dialami wanita. Istilah ini menjadi perdebatan karena dianggap hanya sebagai alasan para pria belaka. Rupanya menurut penelitian dari Kanada, istilah ini memiliki dasar ilmiah dan bukan mitos.

Dr. Kylie Sue, seorang asisten profesor klinis di Memorial University of Newfoundland menyatakan para pria tidak melebih-lebihkan saat berkata gejala mereka lebih buruk saat sakit. Hal ini karena mereka memiliki respon imunitas yang lebih buruk terhadap virus penyakit pernafasan.

Dalam penelitian pertama dalam topik ini, dia menganalisa penelitian yang relevan. Dia menemukan bukti jika para pria dewasa memiliki resiko masuk rumah sakit dan mengalami kematian karena influenza yang lebih tinggi dibandingkan wanita, tulis Metro.co.uk. Para pria juga lebih rentan terkena komplikasi dan angka kematian yang lebih tinggi dari penyakit pernafasan akut. Bukti lain menunjukkan jika pria menderita lebih banyak penyakit pernafasan karena virus dibandingkan wanita. Hal ini karena pria memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah.

Dalam tulisannya di BMJ, Dr. Kylie berpendapat jika konsep “man flu” tidak adil. Perlu lebih penelitian untuk meneliti konsep ini. “Para pria mungkin tidak melebih-lebihkan gejala-gejala mereka tapi memiliki respon imunitas yang lebih lemah terhadap virus pernafasan, sehingga terjadi morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi dibandingkan yang terlihat pada wanita,” tulisnya.

Dia berkata jika ada manfaat evolusioner dari daya tahan tubuh yang kurang kuat. Hal ini mengizinkan pria mengarahkan energinya untuk proses biologis lain. Contohnya pertumbuhan, karakteristik seks sekunder, dan reproduksi. Belum ada penelitian lain yang pernah dilakukan untuk menguji konsep “man flu”. Dr. Kylie menambahkan, “Berbaring di sofa, tidak bangun dari tempat tidur, atau menerima bantuan untuk aktivitas hidup sehari-hari bisa menjadi perilaku evolusioner untuk melindungi diri terhadap predator. Mungkin sekarang waktunya untuk ruang yang bersahabat dengan pria, dilengkapi dengan televisi yang besar dan kursi yang nyaman di mana pria bisa memulihkan diri dari efek-efek melumpuhkan dari man flu dengan rasa aman dan nyaman.”

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge