0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terbakar, Pagoda Tertinggi di Asia Ini Jadi Tumpukan Abu

Pagoda Lingguan Mansion terbakar. (dok: timlo.net/ metro.co.uk)

Timlo.net—Sebuah pagoda yang terkenal di dunia berubah menjadi kayu arang dan abu setelah terbakar. Pagoda itu juga roboh. Kebakaran terjadi di situs suci dan tempat doa umat Budha yang dikenal dengan nama Lingguan Mansion, di Kota Mianzhu, Cina. Pagoda kayu tertinggi di Asia itu hancur dalam hitungan jam, tulis Metro.co.uk, Senin (11/12).

Pagoda berlantai 16 itu terbuat dari kayu seluruhnya. Dipercaya api berasal dari bagian atas pagoda. Para biksu bisa terlihat berlutut dan berdoa saat melihat menara spiritual itu terbakar. Pemadam kebakaran mengatakan jika api itu berhasil dipadamkan empat jam kemudian. Tapi pagoda dan tempat doa sudah berubah menjadi kayu arang.

dok: timlo.net/ metro.co.uk

Untungnya, tidak ada korban jiwa selama kebakaran. Penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan. Pagoda Lingguan Mansion pertama dibangun pada Dinasti Ming (1368 hingga 1644 SM) selama pemerintahan Kaisar Chongzhen. Kaisar itu bernama asli Zhu Youjian. Pagoda itu rusak parah selama gempa bumi Sichuan pada 2008 dan dipugar kembali. Tapi sebagian besar area kompleks masih dalam tahap renovasi saat kebakaran terjadi minggu ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge