0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Angkat Kuliner Nusantara, ICA Manfaatkan Brand Ambassador 

Acara Kick Off Rapat Kerja Nasional ICA di Syariah Hotel Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Indonesia Chef Association (ICA) manfaatkan anggotanya yang ada di luar negeri untuk menjadi brand ambassador dalam mengenalkan kuliner nusantara. Hal itu diakui cukup efektif, karena dengan profesinya sebagai chef memiliki kewenangan untuk mengenalkan masakan baru untuk dihidangkan.

“Karena visi dan misi ICA sendiri adalah untuk mengangkat martabat kuliner Indonesia. Sehingga untuk strateginya, yang kita lakukan saat ini adalah memanfaatkan anggota kami yang ada di luar negeri sebagai brand ambassador kuliner nusantara,” ujar Presiden ICA, Henry Alexie Bloem kepada wartawan, Selasa (12/12).

Menurutnya, dengan menggunakan strategi yang dilakukan itu dianggap cukup efektif dalam proses mengenalkan kuliner nusantara di kancah Internasional. Pasalnya para brand ambassador yang ditunjuk tersebut juga berprofesi sebagai chef diberbagai restoran di luar negeri.

“Karena kalau chef itu kan punya kewenangan dalam menyajikan menu baru. Sehingga untuk mengenalkan kuliner nusantara, biasanya mereka dapat menyelipkan diantara menu yang sudah ada,” jelasnya.

Hingga saat ini, tercatat brand ambassador yang dimiliki oleh ICA sudah ada disekitar 20 negara. Mulai  Amerika, Eropa, Australia dan Asia.

Sementara itu terkait dengan maraknya masakan western yang ada di Indonesia, menurutnya   bukan menjadi saingan terhadap masakan nusantara yang sudah ada. Melainkan hanya sebagai selingan. Sehingga masakan nusantara,lanjut dia dipastikan tetap akan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Henry juga menyampaikan, potensi kuliner nusantara yang ada masih cukup potensial untuk dapat dikembangkan. Bahkan jika mampu digarap secara lebih maksimal dapat dijadikan sebagai alat penunjang pariwisata. Karena trend perkembangan pariwisata saat ini tidak selalu berbicara mengenai keindahan pemandangan alam, tapi juga destinasi wisata kuliner yang disajikan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge