0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganti Baterai iPhone Lama Bisa Percepat Smartphone

Baterai iPhone 6s. (ubergizmo. )

Timlo.net—Ada sebuah teori konspirasi populer beredar luas. Teori itu menyatakan jika Apple sengaja memperlambat kinerja iPhone lama saat model baru keluar. Tujuannya untuk memotivasi para pengguna membeli yang baru. Sebuah uji coba terbaru menyatakan jika teori ini tidak berdasar. Tapi para pengguna iPhone lama bisa merasakan jika smartphone mereka melambat.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor berbeda. Misalnya software, komponen yang rusak dan lain-lain. Tapi menurut sebuah posting di Reddit, masalah ini bisa diselesaikan dengan cara yang relatif mudah. Caranya adalah dengan mengganti baterai pada iPhone lama. Biaya mengganti baterai tentunya lebih murah dibandingkan membeli iPhone baru.

Apa alasan di balik cara ini? Teorinya, tulis Ubergizmo, dibuat berdasarkan masalah baterai yang dialami iPhone 6s. Masalah itu menyebabkan iPhone mati beberapa kali secara acak. Pembaruan software yang dirilis Apple mengubah kecepatan clock. Sehingga mempengaruhi daya listrik yang dikeluarkan baterai. Hal ini membuat baterai tidak bisa mengambil energi terlalu banyak dan mati secara acak.

Seiring berjalannya waktu, baterai akan menjadi aus. Software yang dipakai iPhone akan terus mengubah kecepatan clock untuk menyesuaikan dengan kondisi baterai. Jadi, kinerja smartphone semakin lambat. Oleh karena itu, dengan mengganti baterai dengan yang baru, software itu akan kembali ke pengaturan awal. Untuk menguji apakah cara ini manjur, pengguna Reddit bernama Adolf-Intel menyarankan pengguna mengunduh aplikasi CpuDasherX. Aplikasi itu berfungsi mengecek kecepatan clock iPhone.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge