0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bahas Kemerdekaan Palestina, Jokowi Bertolak ke Turki

Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Istanbul, Turki guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). KTT ini akan fokus membahas perdamaian dan kemerdekaan Palestina.

“Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Istanbul, Turki untuk menghadiri KTT luar biasa OKI mengenai Palestina,” ungkapnya di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/12).

Jokowi mengatakan, KTT LB OKI akan berlangsung pada 13 Desember 2017. Jokowi sadar betul, momentum ini sangat penting untuk menyuarakan perdamaian dan sengketa ibu kota Israel dan Palestina.

Di dalam forum tersebut, lanjut Jokowi, dirinya akan menyampaikan suara rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia menolak kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Saya akan menyampaikan penolakan kita rakyat Indonesia atas kebijakan sepihak AS dan meminta negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Jokowi juga akan menyampaikan langkah-langkah yang dapat dilakukan negara-negara OKI baik secara bersama atau pun individu untuk membela Palestina. Seperti apa langkah-langkahnya, Jokowi belum bisa membeberkan.

“Saya berharap kunjungan ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina,” kata dia.

Usai menghadiri KTT OKI, orang nomor satu di Indonesia ini akan kembali ke Tanah Air. Direncanakan pada 14 Desember, dia sudah tiba di Jakarta dan akan menjalankan tugasnya seperti biasa.

“Insyaallah saya sudah akan tiba kembali di Jakarta Kamis 14 Desember 2017,” tuntasnya. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge