0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akhir Tahun 2018, Harga Bitcoin Naik 10 Kali Lipat?

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Satu Bitcoin akan berharga lebih dari $100.000 (Rp 1,3 miliar) pada akhir 2018. Kenaikan harganya bisa mencapai 10 kali lipat. Prediksi ini berasal dari Dave Chapman, managing director of crytocurrency dari firma perdagangan Octagon Strategy. Dia percaya jika mata uang cryptocurrency itu akan terus bertambah nilainya. “Saya tidak akan terkejut jika melihatnya mencapai enam angka,” katanya kepada CNBC.

“Saya dikutip pada Agustus 2017 saat bitcoin dijual belikan pada kisaran $4000 jika kita akan punya lima angka pada akhir tahun ini. Saya pikir banyak orang menganggap saya gila, banyak orang mengejek saya, tapi itu tidak apa-apa,” tambahnya.

Harga Bitcoin awal tahun ini di bawah $1000 (Rp 13,5 juta). Beberapa hari lalu, firma dari Chicago bernama Cboe Global Markets merilis bursa Bitcoin yang diatur secara mainstream pertama. Bursa ini begitu populer sehingga server situs mereka mengalami kelebihan beban. Bitcoin didirikan pada 2008 oleh seseorang atau sekelompok orang yang menyebut diri sebagai Satoshi Nakamoto.

Bitcoin itu menjadi mata uang digital pertama yang berhasil menggunakan kriptografi untuk membuat transaksi aman dan tersembunyi. Oleh karena itu aturan finansial tradisional tidak bisa diterapkan. Bank pusat dan kritikus cryptocurrency memperingatkan masyarakat soal kenaikan harga dan resiko lainnya terkait mata uang digital. Salah satunya adalah kemungkinan mata uang itu digunakan untuk mencuci uang.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge