0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Unisri Gelar Diklat Pendidikan Karakter

Ketua Panitia Diklat Sugiaryo (kanan) dan Ketua Program Studi PPKn Anita Trisiana (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Untuk pertama kali, perguruan tinggi di Indonesia menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pendidikan Karakter. Diklat itu digelar  Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

“Diklat dilaksanakan pada tanggal 12, 14 dan 16 Desember 2017 di Laboratorium Pancasila PPKn atau Gedung Unisri,” ungkap Ketua Panitia Diklat Sugiaryo didamping Wakil Rektor III Unisri Sutoyo dan Ketua Program Studi PPKn Anita Trisiana, di Kampus Unisri, Solo, Selasa (12/12)

Sugiaryo mengatakan, berdasarkan Perpres Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, bahwa tujuan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental memperbaiki dan membangun karakter bangsa dengan mangacu pada nilai-nilai strategis, etos kerja dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Sasaran diklat, menurut Sugiyaryo yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Solo, adalah guru, atau terwujudnya para pendidik yang mampu bekerja dengan mengedepankan sikap dan cara pandang yang optimistik dalam menatap masa depan yang berprestasi dan produktif serta mewujudkan integritas, kerja keras dan semangat gotong royong serta sebagai bahan evaluasi diri.

Materi diklat antara lain, kehidupan Demokrasi Pancasila dan Penugasan Terstruktur, Kerukunan Inter dan Antar Umat Beragama dan Penugasan Terstruktur, Kesadaran Nasionalisme, Patriotisme dan Kesetiawanan Sosial dan Penugasan Terstruktur, dan sebagainya.

“Masing-masing materi yang disampaikan, diiiringi penugasan terstruktur,” ungkap Anita Trisiana.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge