0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Solo Paling Inovatif Dibanding Daerah Tetangga

Kepala-kepala OPD mempresentasikan program inovatif masing-masing di acara Konvensi dan Gelar Karya Inovasi Pemerintah Kota Solo di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Senin (11/12) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo disebut sebagai pemerintah daerah paling inovatif dibanding daerah di sekitarnya. Di belakang Solo, ada Kabupaten Sragen menempati posisi kedua sebagai Pemkab inovatif.

“Selain Solo cuma Sragen yang inovasinya sudah bagus,” kata Peneliti Madya Lembaga Administrasi Negara (LAN), Suripto saat ditanya tentang tingkat inovasi daerah di wilayah Solo dan sekitarnya, Senin (11/12).

Dalam tiga tahun terakhir, Pemerintah mendorong daerah untuk berinovasi. Dalam hal ini, LAN mendampingi sekitar 40-an daerah. Untuk wilayah Soloraya, LAN aktif mendampingi Solo dan Sragen.

“Yang lain belum,” kata dia.

Pendampingan dari LAN untuk Pemkot Solo dimulai sejak tiga tahun lalu. Pada tahap awal, LAN berusaha meningkatkan kesadaran berinovasi di jajaran Pemkot. Selanjutnya, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didampingi LAN mendiagnosa masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan cara-cara inovatif.

“Pada tahap ini kita juga ajarkan teknik-teknik berfikir kreatif. Teknik-teknik itu tidak biasa diajarkan di lingkungan pemerintah,” kata dia.

Di tahap ini, ide-ide kreatif mulai bermunculan. Dari ide-ide itu kemudian OPD mendesain program secara lebih detil sehingga program siap dilaksanakan. Setelah matang, program pun diluncurkan.

“Selama pelaksanaan program kita terus monitoring. Pentingnya, untuk memastikan apakah ide itu benar-benar bisa berjalan atau hanya ide saja,” kata dia.

Tahapan-tahapan panjang itu pun mulai menunjukkan hasilnya di akhir 2017 ini. Setidaknya ada 120-an ide yang ditelurkan Pemkot Solo melalui OPD-OPDnya. Dari 120 program itu, 69 berjalan berkelanjutan. Progam-program inovatif yang sudah berjalan itu kini memperebutkan posisi sebagai program paling inovatif di tingkat Solo.

“Tahap terakhir, program-program inovasi itu akan kita pamerkan di Pendapa Balaikota besok tanggal 15 sampai 16 Desember,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge