0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Dapat Penghargaan dari KPK

Presiden Jokowi dengan gitar pemberian salah satu personel Metallica (merdeka.com)

Timlo.net – Sejumlah pejabat negara mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena rajin melaporkan pemberian gratifikasi. Salah satu diantaranya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua KPK Agus Raharjo menyebut, Jokowi bisa dijadikan contoh oleh pejabat negara dan masyarakat untuk berani melaporkan pemberian barang dalam kategori gratifikasi. Tidak hanya Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Agama, Lukman Hakim juga mendapat penghargaan sama.

“Perorangan yang dapat penghargaan tertinggi adalah Presiden Republik Indonesia, kedua Wakil Presiden Jusuf Kalla dan ketiga adalah Menteri Agama Lukman Hakim,” ujar Agus Rahardjo, Senin (11/12).

Menurut Agus, Jokowi layak dijadikan contoh pejabat taat hukum. Saat jadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga pernah melaporkan pemberian hadiah bas berwarna merah yang ditandatangani langsung basis Metallica Robert Trujillo. Seminggu setelah itu, Jokowi langsung memberikan kepada KPK.

“Sebelumnya beliau jadi Presiden bahkan beliau sudah menyerahkan barang-barang yang jadi gratifikasi, ingat gitar Metallica? Mudah-mudahan jadi contoh untuk kita semua,” kata Agus.

Pada beberapa bulan lalu, Jokowi juga melaporkan pemberian dua ekor kuda jenis sandalwood oleh warga Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada KPK. Setelah diteliti, dua ekor kuda tersebut akhirnya ditetapkan sebagai milik negara.

Jokowi juga telah melaporkan piringan hitam atau vinyl grup musik asal Amerika Serikat, Metallica yang diberikan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen belum lama ini. Hadiah dari PM Denmark itu kini berada di tangan KPK.

“Piringan hitam sudah dilaporkan. Gitar sudah dilaporkan,” kata Agus.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge