0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Efek Domino Pengosongan Gudang Sampah PT AKM

Alat berat mengeruk sampah di gudang PT AKM (timlo.net/raymond)

Karanganyar – Berbagai faktor menyebabkan keterpurukan manajemen gudang pengolahan sampah milik PT Abisatya Kencana Mulya (AKM) Colomadu. Salah satunya, usahanya meraih legalitas perijinan tersandung di tengah jalan.

“Ada warga yang terganggu dengan aktivitas pengangkutan sampah yang masuk ke Dusun Tanon Lor ini. Tidak semua warga, hanya satu daja. Tapi ia berpengaruh,” ujar Camat Colomadu Yophie Eko Jatiwibowo kepada wartawan di depan gudang PT AKM, Minggu (10/12).

Lantaran usahanya belum legal, permodalan dari perbankan juga sulit diakses. Padahal perusahaan itu sudah mempekerjakan buruh sejak Juli lalu. Keterlambatan pengupahan membuat para buruh yang kebanyakan pemungut sampah ini protes. Tak hanya itu saja. Angan-angan Pemkab memiliki rekanan pengolah sampah bersistem zero waste management terancam gagal.

“Di sini itu uji coba dulu pengolahan sampah. Sehari saja, bisa masuk berton-ton sampah. Fasilitas ini sangat diharapkan menjadi solusi masalah sampah perkotaan. Tapi malah jadinya seperti ini. Dikosongkan,” katanya.

Yophie berencana membuka lagi tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di empat desa yang sebelumnya ditutup karena sudah ada fasilitas milik PT AKM itu.

“Empat desa itu Paulan, Tohudan, Gawanan dan Desa Klodran. Terpaksa TPS nya dibuka lagi,” kata Yophie.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge