0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persediaan Sembako Jelang Natal di Sumut Aman

(merdeka.com)

Timlo.net — Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjamin ketersediaan atau kebutuhan bahan pokok untuk Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Bahkan, ketersediaan beras cukup hingga lima bulan ke depan.

“Hasil pengecekan, stok bahan pokok untuk Natal dan tahun baru cukup aman, karena bukan saja mencukupi kebutuhan tetapi berlebih atau surplus,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin, Minggu (10/12).

Menurutnya, stok beras yang banyak itu karena ketersediaannya cukup besar atau mencapai 1.037.572 ton dari kebutuhan 161.995 ton per bulan.

Sementara stok gula pasir bisa minimal hingga untuk Januari 2018 karena ketersediaannya mencapai 35.991 ton dari kebutuhan per bulan 21.000 ton.

Stok yang aman juga terjadi pada terigu, telur dan daging ayam ras. Ketersediaan terigu minimal 32.000 ton dan jumlah itu mencukupi untuk Natal dan tahun baru. Adapun stok telur ayam, produksinya mencapai 646,67 ton.

“Dengan stok yang mencukupi bahkan aman hingga lewat tahun baru, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat.”

Menurut Alwin, Pemerintah Provinsi terus membanjiri pasar dengan berbagai kebutuhan itu dengan melakukan operasi pasar dan pasar murah.

“Gubernur Sumut HT Erry Nuradi memang sejak awal sudah mewanti-wanti Dinas Perindag Sumut dan dinas terkait lainnya termasuk TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) untuk menyiapkan dan menjaga ketersediaan bahan pokok khususnya dalam menghadapi Natal dan tahun baru,” katanya.

Pasar murah bahan pokok sudah diperluas ke sembilan daerah mulai Medan, Serdangbedagai, Langkat, Binjai, Deliserdang, Karo, Tebingtinggi, Pakpak Bharat dan Dairi.

Gubernur, kata Alwin meminta agar ketersediaan terjamin agar harga jual di pasar juga terkendali.

“Alhamdulillah hingga dewasa ini stok dan harga juga masih terkendali,” katanya.

[idr]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge