0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kota Solo Berhasil Sabet Penghargaan HAM, Ini yang Telah Dilakukan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan penghargaan kepada Walikota Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kota Solo Mendapat penghargaan sebagai salah satu kota yang dianggap cukup atau peduli terhadap Hak Azasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di Sunan Hotel Solo, pada Minggu (10/12) siang.

“Tentunya, kami sangat bersyukur mendapat penghargaan ini. Tapi, kalau bisa nanti ditingkatkan atau minimal dipertahankan untuk lebih baik lagi,” terang Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo ditemui wartawan usai menerima penghargaan tersebut.

Menurut Rudy, torehan prestasi yang diperoleh tak lepas dari visi dan misi bersama Pemkot Solo. Ia mengklaim jika masyarakat telah mendapat layanan yang baik serta terbuka dari Pemkot Solo.

“Kategorinya apa, saya kurang tau. Tapi informasi yang saya dapatkan, bahwa Pemkot dalam menghargai dan menghormati HAM masyarakat telah dilaksanakan sejak dulu sampai saat ini,” kata Rudy.

Rudy membeberkan, salah satu penghargaan HAM kepada masyarakat salah satunya adalah terkait relokasi warga bantaran yang terkena proyek pengendalian banjir Solo. Peran Pemkot memberikan pemenuhan HAM terhadap warga berupa tempat hunian yang layak.

Tak hanya itu, lanjut Rudy, pembiayaan kesehatan masyarakat tak mampu juga menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pemenuhan HAM warga kurang mampu.

Lebih lanjut, Program Sonjo Warga yang mendengarkan masukan, pendapat hingga aspirasi warga juga masuk dalam penilaian kategori pemenuhan HAM.

“Ada banyak program Pemkot terhadap masyarakat dalam pemenuhan HAM tersebut, mulai dari pemberian kartu KIS, Sanja Warga hingga relokasi warga bantaran dan masih banyak yang lain,” terangnya.

Rudy menginginkan agar kedepan, dinas terkait khususnya di lingkup Pemkot Solo mampu meningkatkan kemajemukan dan keharmonisan agar tercipta rasa saling menghormati antara masyarakat satu dengan yang lain.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge