0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Jokowi Batal Hadir, Ini Perintahnya

Kepala BNPB Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Meski batal hadir, Presiden Joko Widodo melalui perwakilannya mewanti-wanti agar Pemkab Wonogiri dapat secepat mungkin melakukan pemulihan dampak bencana alam. Bahkan presiden meminta agar Pemkab menyediakan lahan untuk relokasi warga terdampak tanah longsor.

“Perintah Presiden, agar masyarakat tidak tinggal terlalu lama dalam situasi darurat. Oleh karena itu kementrian dan lembaga terkait termasuk Pemda bekerja keras memulihkan segera dampak bencana, baik pemukiman, infrastruktur dan sosial ekonomi,” beber Kepala BNPB Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei di posko pengungsi Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo, Minggu (10/12).

Menurut dia, relokasi bagi korban tanah longsor di Wonogiri itu suatu keharusan. Pasalnya, dari hasil laporan dan juga investigasinya, ada sejumlah rumah- rumah milik warga yang tertimbun dan juga terbawa longsor. Presiden telah memerintahkan Menteri ESDM khususnya pusat geologi, untuk mengadakan kajian atau mitigasi daerah rawan dan mencari lokasi yang aman untuk relokasi. Pemkab bertugas menyiapkan lokasi, sedangkan pemerintah akan membantu dengan stimulan.

“Yang longsor itu pasti direlokasi, tidak mungkin mereka kembali ke rumahnya,” kata dia.

Pihaknya bakal melakukan asesmen kerusakan dan kerugian dampak bencana, tentunya akan berkoordinasi dengan Pemkab Wonogiri. Soal lain, sesuai aturannya pemerintah tidak berkewajiban mengganti kerugian dampak bencana. Namun pemerintah akan memberikan stimulan untuk mendirikan rumah warga kembali. Dia juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada, berdasarkan data BMKG cuaca ekstrem masih berlangsung hingga akhir Februari 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge