0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jokowi Hadiri 50 Tahun Berdirinya Batik Danar Hadi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan 50 tahun berdirinya Batik Danar Hadi. Presiden hadir bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan putra pertama mereka Gibran Rakabuming dan istrinya Selvi Ananda. Tampak juga cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes turut bersama rombongan, Sabtu (9/12).

“Kami berkomitmen terus mengembangkan batik agar dikenal diseluruh dunia,” ungkap direksi Batik Danar Hadi, Dewanto Santosa.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan tamu undangan dihibur dengan tari berjudul tarian Bedhaya Tumaruntun. Karya tari ini merupakan karya baru yang mengungkapkan tentang perjalanan karya dari pendiri Danar Hadi, KPH Santosa Doellah Hadikusumo dan KRAy Danarsih Santosa dalam menjalani kehidupan.

Dengan spirit kebersamaan, berbagai tantangan, berbagai persoalan bisa diselesaikan bersama. Penuh rasa saling pengertian hingga terwujud karya seni batik. Kostum Tarian Bedhaya Tumaruntun sendiri dibuat oleh Santosa Doellah.

foto: Heru Murdhani

“Tari Bedhaya ini dibawakan sembilan orang penari. Dua penari diantaranya merupakan simbol dari KPH Santosa Doellah Hadikusumo dan Ibu Hj KRAy Danarsih Santosa,” ungkapnya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyebut bahwa Danar Hadi merupakan salah satu ikon batik yang telah mendunia.

“Kalau tidak percaya, coba tanya orang-orang. Kalau dengar kata Danar Hadi pasti langsung ingat batik,” kata Presiden.

Dalam acara tersebut, Presiden menerima buku perjalanan Batik Danar Hadi. Presiden mengatakan dirinya tak sabar untuk membaca perjuangan dan sejarah yang tertuang dalam buku berjudul 50 Tahun Danar Hadi.

“Saya tak sabar ingin membaca sejarah yang ada dalam buku ini,” kata dia.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge