0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Aroma Menggoda Sate Kambing di Tengah Kota Klaten

Warung sate kambing muda Pak Codot di Jalan Bhayangkara Klaten (foto: A Wijaya)

Klaten – Bagi pengguna kendaraan yang sering melintas simpang empat Markas Kepolisian Sektor Kota (Mapolsekta) Klaten pasti tak kaget dengan munculnya kepulan asap yang keluar dari sebuah warung tenda. Ya, aroma harum asap bakaran daging yang menggoda selera itu berasal dari warung sate kambing muda Pak Codot.

Salah satu street food di Klaten yang menyediakan berbagai olahan kuliner berbahan dasar kambing. Mulai dari sate, gulai, tengkleng hingga tongseng tersaji di warung milik Harjanto (50) warga Kampung Pondok, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah tersebut.

“Berjualan sate di Jalan Bhayangkara ini sejak tahun 2000. Buka dari pukul 10.00 hingga sore, pokoknya sampai habis. Karena tiap hari yang saya olah itu dua ekor kambing muda menjadi 800-1.000 tusuk sate,” kata Harjanto.

Tidak jauh berbeda dengan masakan sate daging pada umumnya, Harjanto menggunakan kipas beranyaman bambu saat membakar potongan daging yang ditusuk rapi di atas bara arang anglo. Begitu selesai dibakar, kelezatan sate semakin lengkap dengan ditemani irisan kubis, tomat, bawang merah, taburan merica, dan bumbu kecap manis ala Pak Codot.

“Bumbunya ada resep khusus, tapi enggak bisa kami beberkan. Karena ini warisan simbah saya dari Gunungkidul. Dulu dia juga jualan sate kambing keliling di Klaten, tapi masih pikulan,” ujarnya.

Selain itu, menu tengkleng juga menjadi buruan favorit pembeli. Sensasi tulang kambing beradu kuah segar membikin lidah bergoyang. Menurut Harjanto, semua menu dipatok Rp 25 ribu per porsi, termasuk minuman dan nasi. Tak heran, meski tampilan warung berupa tenda kaki lima, pengunjungnya tak pernah sepi.

“Pelanggan rata- rata PNS pegawai Pemda Klaten dan para polisi. Bahkan pernah dipesan Pemda Klaten untuk menjamu Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” bebernya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge