0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Susur Kampung, PMI Solo Gelar Pengobatan Gratis

PMI Solo gelar kegiatan Susur Kampung (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Program Susur Kampung yang dilaksanakan PMI Solo bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UNS, berupaya untuk melihat kondisi masyarakat seutuhnya. Hal ini merupakan upaya peningkatan kesadaran dan kepekaan bagi dokter, terhadap masyarakat yang ada disekitarnya.

“Kami sudah menyelesaikan study dan telah melaksanakan Koas di rumah sakit, kami mengikuti program ini dari kampus,” ungkap salah seorang dokter yang ikut, Darma Aulia Hanafi.

Hanafi mengatakan, program ini diikuti 70 mahasiswa, yang dilaksanakan secara bergiliran. Untuk kali ini, program Susur Kampung yang digagas oleh Dompet Peduli PMI tersebut, dilaksanakan oleh 11 dokter.

Mereka menyusur beberapa kampung di Kelurahan Semanggi. Sebagai penunjuk jalan, mereka menggandeng Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Semanggi.

Hanafi juga mengatakan, program ini baik bagi program kedokteran. Sebab, selain mengetahui aspek medis dari pasien, dokter yang mengikuti program ini bisa mengetahui aspek lain dari pasien, misalnya aspek sosial, dan lingkungan.

“Selama ini yang kita tahu pasien sudah di rumah sakit, kita hanya melihat aspek kesehatannya saja. Bisa jadi dengan begini kita jadi tahu aspek-aspek yang lain, yang juga mempengaruhi kesehatan pasien,” kata dia.

Sementara Titis Wahyuono, selaku Humas PMI Solo menerangkan, program ini terus dikembangkan dalam berbagai bentuk pelayanan. Salah satunya adalah pelayanan pengolahan darah, tranfusi darah, dan penanggulangan bencana.

“Banyak program yang dijalankan. Pelaksanaannya bergiliran. Susur Kampung ini kita laksanakan bakti sosial dengan pengobatan gratis,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge