0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

400 Penggiat Literasi Muhammadiyah Kopi Darat di UMS

Seminar Gerakan Literasi di UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Selama tiga hari berturut-turut, Jumat – Minggu (8-10/12), sebanyak 400 penggiat literasi Muhammadiyah dari seluruh Indonesia mengikuti acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Literasi. Kopdarnas yang diselenggarakan oleh Pimpinan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) diselenggarakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Pembukaan Kopdarnas diawali dengan acara Seminar Nasional. Seminar Nasional ini membahas Gerakan Literasi untuk Bangsa Berkemajuan,” ungkap Ketua MPI PP Muhammadiyah, Muchlas Abror, kepada wartawan di sela-sela acara, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (9/12).

Tampil sebagai nara sumber pada Seminar Gerakan Literasi, kata Muchlas, antara lain, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Hilmar Farid, Kepala Perpustakaan Nasional Pusat Muh Syarif Bando, Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia Nirwan Arsuka, Direktur Utama Kantor Pos Pusat Gilarsi Wahyu Setiyono, Pendiri Sekolah Tapal Batas dan Tokoh Pendidikan Sebatik Zuraidah.

Rektor UMS, Dr Sofyan Anif menilai kegiatan Kopdarnas ini berdampak cukup bagus untuk membangun bangsa Indonesia ke depan. “Maju dan berkembangnya sebuah bangsa ditentukan oleh tingkat budaya literasinya,” ujarnya.

“Kalau bangsa kita mau maju, salah satu aspek adalah membangun budaya literasi. Tanpa menghakimi, ini kesalahan guru, sebab siswa malas membaca, karena gurunya malas membaca. Ke depan, guru harus bekerja keras lagi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge