0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada Penipu Berkeliaran di Dunia Maya

Sukoharjo — Jajaran Polsek Grogol, Polres Sukoharjo berhasil mengungkap kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan yag dilakukan pelaku yang mengaku sebagai dokter. Pelaku memanfaatkan media sosial untuk menjerat korbannya yang dijanjikan bisa menjadi PNS.

“Pelaku dengan korban saling kenal lewat Facebook, dan korban dijanjikan bisa diterima sebagai PNS. Mereka janjian ketemu di Langenharjo dan diajak muter-muter ke Rumah Sakit DR Oen Solo Baru, hingga akhirnya korban ditinggal di depan rumah sakit, dan motor korban dibawa kabur,” kata Kapolsek Grogol, AKP Dany Herlambang, Jumat (8/12).

Pelaku bernama Priyono Broto Atmojo (43), warga Desa Puron, Kecamatan Karangmalang, Sragen kepada paqra korbannya mengaku sebagai dokter di RS DR Oen Solo Baru. Pelaku kepada penyidik mengaku sudah beberapa kali melakukan aksi dengan modus yang sama dengan memanfaatkan media sosial dan menjanjikan kepada korban diterima sebagai PNS.

Sementara itu, korban Dewi Anggraini (37) warga Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri adalah seorang guru swasta. Korban setelah ditinggal di depan RS DR Oen Solo baru akhirnya diantarkan satpam kembali ke rumah dan melaporkan peristiwa tersebut kepada Polsek Grogol.

“Kejadian 20 Oktober dan pelaku berhasil kami tangkap 5 Desember setelah kembali melancarkan aksi dengan modus yang sama. Pelaku mengaku membuang sepeda motor dan handpone milik korban di Pantai Parangtritis, Jogja karena selalu bunyi dan mengira ada GPS nya, sedangkan uang dan barang lainnya sudah digunakan pelaku,” tandasnya.

Akibat peristiwa ini, korban menerita kerugian satu unit sepda motor matic AD 4229 ACG, beserta SIM, STNK, KTP, ATM, dua buah handphone dan uang tunai Rp 350 Ribu. Pelaku saat ini diamankan di ruang tahanan Mapolsek grogol dan dijerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge