0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Agung Keluarkan Lava

Gunung Agung (merdeka.com)

Timlo.net – Gunung Agung kembali erupsi, Jumat (8/12) pagi dengan menghembuskan asap tebal dibarengi dengan munculnya lava ke permukaan.

“Ya ini sudah berlangsung erupsi dimulai pagi tadi. Lava sudah sampai permukaan,” ujar Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana.

Ia menjelaskan sebelumnya, pertumbuhan lava sempat melambat dalam beberapa hari terakhir. Namun, saat ini proses efusi atau pertumbuhan lava ke permukaan kawah Gunung Agung mulai terjadi kembali.

Diterangkannya bahwa terpantau aliran lava kembali memenuhi kawah dengan diameter 900 meter drngan kedalaman 200 meter.

‎”saat ini lava sudah mulai kembali bergerak memenuhi kawah gunung. Tidak lurus begitu naik ke atas, lava hanya menggembung di tengah,” terang Devy.

Sementara itu Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika, juga menegaskan kalau gunung yang terletak di Kabupaten yang punya julukan ‘Gumi Lahar’ itu kembali erupsi.

“Secara visual Gunung Agung nampak ada asap berwarna kelabu tebal bertekanan sedang dan ketinggi 2100 meter diatas puncak condong kearah barat. Saat ini Gunung Agung kembali erupsi,”jelas Suantika.

Dia menerangkan, bahwa Gunung Agung saat erupsi disertai hembusan abu.

“Pagi tadi hembusan abu sebanyak tiga kali dengan dominan ketinggian mencapai diatas 2.000 meter. Biasanya erupsi sebelumnya hembusan asap dominan gas uap air,” ungkapnya.

Hingga kini terpantau hembusan asap tebal yang menyembur pada puncak gunung Agung mencapai 1.000-1.500 meter. Itu terekam secara visual dari Pos Pengamatan Gunung Agung di desa Rendang, Karangasem.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge