0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPK Sebut Dalil Permohonan Praperadilan Tidak Sah

Sidang praperadilan Setnov (merdeka.com)

Timlo.net – Sidang praperadilan tersangka kasus korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto (Setnov) digelar, Jumat (8/12). Agenda sidang, pembacaan nota jawaban dari pihak termohon, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Biro Hukum KPK Setiadi mengatakan, bahwa sah atau tidaknya penyidik, kewenangannya bukan pada Hakim Praperadilan, namun pada Hakim Tata Negara. Sebab praperadilan bukan lembaga yang tepat dalam menyoalkan kewenangan melainkan praperadilan merupakan lembaga pengawasan horizontal yang terbatas dalam hal formil.

“Dalil pemohon yang diajukan pemohon adalah tidak sah dan cacat hukum, dalil permohonan pemohon keliru dan tidak berdasarkan kebenaran,” kata Setiadi dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Di praperadilan kemarin, Menurut tim kuasa hukum Setya Novanto, Ambarita Damanik sebagai penyidik KPK tak berwenang menyidik kliennya. Sebab Damanik bukan penyidik yang terikat dengan Polri maupun Kejaksaan.

Ketut sebagai tim kuasa hukum Setya Novanto menyimpulkan, Damanik adalah penyidik independen. Sementara dalam aturan KPK tak ada regulasi tegas yang mengatur tentang hal itu. Pengangkatan Damanik dianggap menyalahi UU, KUHAP dan aturan KPK.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge