0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kembangkan Wisata Edukasi Anak, Per KK Iuran Rp 500 Ribu

Bupati Klaten Sri Mulyani menyaksikan kreasi gerabah di OASSE Desa Sidowayah, Polanharjo (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Puluhan Kepala Keluarga (KK) di RT 10/RW 05 Dukuh Kayuhan, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten mendirikan wahana wisata edukasi bagi anak-anak secara swadaya. Wahana bernama Omah Aneka Satwa dan Seni atau OASSE ini diresmikan Bupati Klaten Sri Mulyani.

“Ini salah satu unit usaha pariwisata terbaru di BUMDes Sinergi Sidowayah. Karena sebelumnya sudah ada wisata air Umbul Manten dan Kampung Dolanan Sidowayah (KDS),” kata Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Hapsoro, Jumat (8/12).

Berbeda dengan dua unit usaha pariwisata sebelumnya, kata dia, wahana OASSE merupakan pilot project kolaborasi masyarakat. Sebab sebanyak 45 KK di RT 10/RW 05 Dukuh Kayuhan berinisitif merogoh koceknya masing-masing Rp 500 ribu. Sedangkan ujung tombak pemasaran ialah BUMDes Sinergi.

“OASSE ini murni dibiayai swadaya masyarakat satu RT. Dengan memanfaatkan rumah kosong, tiap KK berani iuran Rp 500 ribu. Harapannya, kolaborasi kesadaran sendiri untuk berinvestasi ini bisa menular ke 16 RT lainya. Sehingga semakin memperkuat keberadaan desa wisata Sidowayah,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Wawan Rohmat Widodo, warga RT setempat sekaligus Kaur Pembangunan Desa Sidowayah. Kesadaran warga berani investasi lantaran berkaca dari kesuksesan wahana KDS yang telah berdiri sejak pertengahan tahun lalu. Untuk sementara waktu dikemas satu paket dengan wahana KDS.

“Jadi begitu selesai outbound di KDS, anak-anak datang ke sini diantar naik bendi. Adapun fasilitasnya berupa panahan, seni lukis, membuat gerabah, hingga kebun binatang mini berisi aneka unggas, burung, kura- kura, kambing, hingga kuda. Biayanya sementara ini cukup Rp 10 ribu,” beber Wawan.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi keberadaan wahana edukasi baru yang menyasar anak berusia PAUD hingga SD tersebut. Ia berharap, OASSE bisa dikelola BUMDes Sidowayah dengan baik dan meningkat kesejahteraan masyarakat setempat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge