0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Umumkan Penerima Santunan Bencana Alam

Longsor di Dusun Tegalsari, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar bakal mencairkan santunan korban bencana alam senilai Rp 128,8 Juta. Jumlah bantuan sosial itu tertuju 37 keluarga yang menderita kerugian harta benda akibat banjir, longsor dan angin kencang pada Mei-September 2017.

“Tiap penerima beda-beda besaran bantuannya. Terklasifikasi sesuai tingkat kerusakan berat, sedang dan ringan,” kata Kapala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang, Kamis (7/12).

Jumlah penerima bantuan korban bencana alam kategori rusak berat 17 keluarga yang masing-masing mendapat Rp 5 Juta. Kemudian 11 keluarga penerima bantuan skala rusak sedang dengan alokasi masing-masing Rp 3 Juta dan sembilan keluarga berkondisi rumah rusak ringan menerima masing-masing Rp 700 Ribu-Rp 1,5 Juta. Bantuan uang tunai itu diharapkan dapat meringankan beban memulihkan kondisi rumah yang rusak akibat banjir, longsor dan tersapu angin kencang.

Bambang mengatakan, para calon penerima bantuan itu telah lolos syarat administratif. Pada waktu terjadi bencana, laporan yang masuk ke BPBD ditindaklanjuti petugas dengan dokumentasi serta perhitungan kerugian. Santunan ini merupakan program tahun 2017 di periode ketiga. Rencananya, uang tunai bagi penerima bantuan akan diserahterimakan akhir Desember 2017.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge