0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Filter Anti Kecurangan Tes Pengisian Perangkat Desa

Ujian perangkat desa (dok.timlo.net/)

Wonogiri – Sebanyak 3.587 orang bakal mengikuti ujian tertulis dan wawancara pengisian perangkat desa yang bakal digelar Senin (11/12) mendatang. Mereka merupakan pelamar 710 formasi dari total 716 formasi yang ada. Sementara, naskah ujian dibuat oleh pihak ketiga yang akan didistribusikan dengan pengawalan ketat aparat keamanan. Selain itu, untuk antisipasi kecurangan, tim panitia pembinaan dan pengawasan (Binwas) telah membuat sejumlah filter.

“Benar, tim panitia pembinaan dan pengawasan (binwas) tingkat kabupaten memiliki sejumlah filter untuk mencegah kecurangan saat ujian tertulis dan wawancara,” ungkap Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Totok Sugiyarto, Kamis (7/12).

Antisipasi kecurangan, papar Totok, dilakukan sejak datangnya naskah soal dan lembar jawaban serta kunci jawaban, di Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri, Minggu (10/12) mendatang. Naskah soal dan lembar jawaban akan didistribusikan pada Senin(11/12) pukul 05. 00 WIB dengan kendaraan yang telah disediakan dan dikawal ketat oleh Polri, TNI dan Linmas. Sedang tes dijadwalkan dimulai pukul 09. 30 WIB-11. 30 WIB.

“Sebelumnya, Panitia binwas kabupaten telah menyusun naskah sesuai kebutuhan tiap desa berdasar kecamatan dengan pengawasan ketat dari petugas pengamanan. Setelah itu panitia binwas kecamatan menyerahkan nashkah kepada P3D, kemudian didistribusikan ke tempat tes masing-masing,” kata dia.

Tak hanya itu saja, sesuai arahan Bupati Joko Sutopo adalah lembar jawaban dibuat rangkap dua, yakni lembar jawab asli dan hasil duplikat menggunakan kertas karbon. Hal itu dilakukan untuk menghindari kecurangan pihak tertentu yang ingin mengubah jawaban.

“Lalu, lembar jawab asli dikoreksi P3D, sedangkan hasil duplikating diserahkan kepada Camat. Selain itu saat wawancara panitia dapat merekam. Hasil rekaman dapat digunakan sebagai bahan analisis jika ada peserta yang komplain,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge