0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Evaluasi Pejabat, Enam Kepala OPD Dapat Freepass

Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah mengevaluasi kinerja para pejabat teras di jajarannya. Evaluasi tersebut hanya menyasar 26 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sedangkan enam OPD lainnya tidak akan menjalani evaluasi yang sama karena baru dibentuk tahun ini.

“Karena dulu pemilihan kepalanya (enam OPD baru) dilakukan oleh Pansel (Panitia Seleksi),” kata Sekretaris Daerah Solo, Budi Yulistianto, Kamis (7/12).

Enam OPD yang dimaksud yaitu Dinas Kebudayaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian, Dinas Pemadam Kebakaran, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Enam OPD tersebut dikepalai Pejabat Eselon II yang diseleksi Pansel independen Agustus tahun lalu. Sementara 26 OPD lainnya masih dipimpin oleh wajah-wajah lama.

Budi menerangkan evaluasi meliputi kinerja, kompetensi, dan inovasi yang dicapai selama pejabat yang bersangkutan memimpin OPD. Bahan evaluasi dihimpun dengan menilai laporan-laporan yang disajikan masing-masing pejabat dan wawancara tertutup.

“Hasil dari penilaian dan wawancara dikombinasikan,” kata dia.

Nantinya, lanjut Budi, hasil evaluasi memungkinkan untuk ditindaklanjuti dengan mutasi. Namun keputusan untuk menggeser posisi pejabat merupakan wewenang Walikota.

“Terserah Pak Wali mau mutasi atau tidak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge